SEKILAS INFO
: - Minggu, 05-12-2021
  • 2 bulan yang lalu / PTM T SMKN 2 Setu di laksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat oleh seluruh anggota sekolah
  • 2 bulan yang lalu / Selamat menjalankan PTM T bagi seluruh siswa SMK N 2 Setu. Masuk sesuai sesi kelas dan tetap patuhi protokol kesehatan
Teknik & Bisnis Sepeda Motor

Setiap tahunnya, peminat teknik otomotif semakin mengalami kemajuan. Hal ini mungkin tidak terlepas dari pesatnya kemajuan teknologi dan juga industri otomotif yang tidak hanya di dunia saja, namun juga di Indonesia. Para lulusannya pun semakin dibutuhkan mengingat peluang atau prospek kerja teknik otomotif bisa dibilang cukup luas.

Jurusan teknik otomotif tidak hanya ada di jenjang SMK, jurusan ini juga ada di jenjang perguruan tinggi. Beberapa universitas yang memiliki prodi atau jurusan ini yaitu Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Purworejo, dan Universitas Negeri Semarang.

Sesuai dengan namanya, kamu akan banyak belajar tentang otomotif di jurusan ini, mulai dari pengetahuan tentang tekniknya, cara perawatan otomotif, hingga teknologi yang menyertainya. Karena itu pula prospek kerjanya tidak jauh-jauh dari bengkel dan yang berhubungan dengan otomotif. Namun sebenarnya, lulusan dari teknik otomotif tidak melulu bekerja di bengkel.

Kira-kira apa saja ya prospeknya? Yuk, simak uraian selengkapnya tentang peluang atau prospek kerja teknik otomotif dan perkiraan gajinya dibawah ini!

1. Industri Otomotif

Yang pertama, Menjadi seorang lulusan teknik otomotif tentu dapat memberimu jalan untuk bisa bekerja di industri otomotif. Banyak hal yang bisa Kamu pelajari selama di bangku kuliah yang mana akan sangat berguna selama masa kerja. Kamu tidak hanya melamar di dealer saja, namun Kamu bisa bekerja di perusahaan perakitannya dan menjadi seorang perancang bodi, transmisi, sasis, hingga perancang bagian mesin/engine.

Dengan bekerja di industri otomotif, kamu bisa mendapatkan gaji sekitar Rp5.000.000 per bulan.

2. Menjadi Guru SMK

Yang kedua, kamu juga bisa berkarir sebagai pengajar atau guru SMK jurusan otomotif. Lantaran jurusan ini sangat erat kaitannya dengan jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK, maka Kamu bisa memanfaatkan ilmu yang Kamu dapat untuk menjadi pengajar.

Dari profesi sebagai guru SMK, kamu bisa mendapatkan gaji sekitar Rp3.000.000 per bulan.

3. Menjadi Periset

Peluang atau prospek kerja teknik otomotif berikutnya yaitu menjadi periset. Tidak hanya menjadi pengajar, Kamu juga bisa menjadi periset atau peneliti untuk beberapa mesin otomotif dan kelistrikannya. Masih banyak lho pertanyaan-pertanyaan seputar dump truck, excavator, dan lain sebagainya yang membutuhkan upgrade ilmu-ilmu pengetahuan.

Gaji yang kamu dapatkan dari berkarir menjadi periset yaitu sekitar Rp6.000.000 per bulan.

4. Bekerja Di Perusahaan Multinasional

Yang keempat, selain bekerja di industri otomotif, Kamu sebagai lulusan dari teknik otomotif juga bisa bekerja di industri multinasional. Jika kamu bekerja di perusahaan ini, Kamu tentu akan mendapat gaji yang menarik.

Untuk kamu yang belum tahu, perusahaan multinasional adalah perusahaan yang memiliki cabang di berbagai negara. Ada banyak perusahaan multinasional yang bisa kamu pilih, termasuk juga yang bergerak di industri otomotif.

Jika kamu adalah lulusan baru atau fresh graduate, gaji yang bisa kamu peroleh yaitu sekitar Rp5.000.000 per bulan. Seiring dengan pengalaman yang kamu miliki, kamu bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

5. Teknisi

Yang kelima, kamu bisa memilih karir untuk menjadi seorang teknisi. Karena kamu adalah lulusan dari jurusan teknik otomotif, kamu tentu akan menjadi teknisi di bidang yang sama. Tugas seorang teknisi yaitu menangani hal-hal teknis yang berkaitan dengan mesin. Tidak hanya bekerja di bengkel atau service center, kamu juga memiliki kesempatan untuk bergabung di perusahaan otomotif ternama.

Gaji yang ditawarkan untuk pekerjaan sebagai teknisi yaitu sekitar Rp4.000.000 per bulan.

6. Berwirausaha

Prospek kerja keenam yang bisa kamu pilih yaitu menjadi wirausaha. Siapa bilang lulusan teknik otomotif tidak bisa berwirausaha? Lantaran sangat paham benar dengan bidang otomotif serta mendapat gelar akademis, maka tidak ada salahnya Kamu membuka usaha yang berkaitan dengan industri ini, misalnya dengan membuka bengkel. Jika memiliki modal banyak, Kamu juga bisa membuka dealer.

Tidak ada nominal yang pasti ketika kamu memutuskan untuk menjadi wirausaha. Penghasilan yang kamu dapatkan tergantung dari omset usaha kamu.

7. Bekerja Di Perusahaan Bergengsi

Yang ketujuh, tidak hanya bekerja di Indonesia saja, lulusan teknik otomotif juga bisa bekerja di perusahaan bergengsi dunia. Sebut saja Astra dan Mercedes Benz yang sering mengadakan special recruitment.

Jika kamu bisa masuk ke perusahaan-perusahaan tersebut, kamu bisa mendapatkan gaji yang cukup menjanjikan, yaitu mulai Rp6.000.000 per bulan.

8. Operator Alat Berat

Peluang atau prospek kerja teknik otomotif berikutnya yaitu menjadi operator alat berat. Tidak hanya teknisi, Kamu juga bisa menjalani profesi operator alat berat di daerah tambang. Siapa bilang ini pekerjaan kasar. Justru hanya orang-orang hebat saja yang mampu dan bisa ditunjuk sebagai operator alat berat.

Dari profesi ini, gaji yang kamu peroleh sekitar Rp4.000.000 per bulan.

9. Modifikator

Seperti halnya membuka bengkel sendiri dan berwirausaha, Kamu juga bisa menjadi seorang modifikator. Kemampuanmu dalam bidang otomotif sangat diperlukan dan diuji karena Kamu nantinya harus melakukan kustomisasi dengan settingan standar banyak kendaran bermotor. Jangan tanyakan gajinya. Sudah pasti jika jasamu laku keras, pundi-pundi uangmu akan datang dengan sendirinya.

10. Jurnalis

Yang terakhir, Kamu juga bisa menjadi seorang jurnalis majalah otomotif yang mana kegiatanmu nanti tidak akan jauh-jauh dari dunia otomotif juga. Untuk menjadi jurnalis, kamu perlu memiliki kemampuan di bidang penulisan dengan cukup baik. Berbekal pengetahuan yang kamu miliki di bidang otomotif, kamu akan lebih mudah menulis berita atau jenis tulisan lainnya di bidang ini.

Gaji yang didapatkan oleh seorang jurnalis yaitu sekitar Rp4.000.000 hingga Rp5.000.000 per bulan.

Demikian ulasan tentang 10 peluang atau prospek kerja teknik otomotif lengkap dengan perkiraan gajinya. Semoga ulasannya bermanfaat ya buat Kamu yang mau kuliah teknik otomotif atau untuk kamu yang sedang bingung dalam memilih karir.

 

Sumber: https://www.renesia.com/

Data Sekolah

SMKN 2 Setu

NPSN : 69975633

Jl. MT Haryono No. 9
KEC. Setu
KAB. Bekasi
PROV. Jawa Barat
KODE POS 17320
TELEPON 0813800387773
FAX 0723-1234567
EMAIL sosmed.smkn2setu@gmail.com

Agenda