SEKILAS INFO
: - Jumat, 01-03-2024
  • 9 bulan yang lalu / PPDB SMKN 2 Setu akan di buka pada tanggal 6 Juni 2023, pada Tahap 1 yang dapat mendaftar menggunakan jalur (Afirmasi, Prioritas Terdekat, Perpindahan Tugas Orang Tua/anak Guru, Prestasi kejuaraan dan Persiapan Kelas Industri)
  • 9 bulan yang lalu / Selamat atas Kelulusan siswa siswi kelas 12 SMKN 2 Setu, Semoga menjadi Pribadi yang lebih amanah, unggul, mandiri dan berprestasi
ANBK SMKN 2 Setu Bekasi 2022

Assalamu’alaikum, gaesss ketemu lagi sama mimin… tau gak? SMK N 2 Setu sudah melaksanakan ANBK looh, alhamdulillah ANBK Gel. 1 berjalan dengan lancar dan aman jaya. SMK N 2 Setu adalah sekolah yang juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ANBK. Proses pelaksanaan kegiatan ANBK utama dilaksanakan pada Tanggal 29-30 Agustus dengan diawali Gladi AN seminggu sebelumnya, Oia, mimin juga mau kasih tau nih ke kalian soal ANBK, apasih ANBK itu…

ANBK adalah program penilaian mutu sekolah, madrasah, dan program kesetaraan di jenjang dasar dan menengah.

Sedangkan Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan, mengutip laman resmi ANBK Kemdikbud https://anbk.kemdikbud.go.id/

Pemerintah telah secara resmi menjadikan ANBK adalah sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Pelaksanaan ANBK adalah secara online dilakukan apabila akses internet stabil serta harus memiliki komputer proctor untuk membuka token. Sementara pelaksanaan ANBK adalah semi online dilakukan apabila komputer klien tidak memiliki akses secara langsung.

Setidaknya ada tiga instrumen penilaian dari ANBK adalah sebagai bagian dari evalusi pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

(https://anbk.kemdikbud.go.id/)

ANBK adalah singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer. ANBK adalah bagian dari proses pemetaan mutu sistem pendidikan (sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang dasar serta menengah) yang lebih praktis dilakukan.

ANBK adalah singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer, yang sudah resmi dijadikan sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dalam ANBK, proses penilaian tidak sembarangan dilakukan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dikutip dari laman resmi ANBK Kemdikbud https://anbk.kemdikbud.go.id/ menjelaskan, ANBK adalah penilaian yang fokus melakukan tindakan evaluasi input, proses, dan output pembelajaran melalui serangkaian tahapan tertentu.

Peserta yang berhak mengikuti ANBK adalah para siswa yang berada di tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah. Pusat Olimpiade Sains Indonesia (POSI) dalam keterangan tertulisnya menjelaskan pelaksanaan ANBK adalah bisa dilakukan secara online dan semi online.

Pelaksanaan ANBK adalah secara online dilakukan apabila akses internet stabil serta harus memiliki komputer proctor untuk membuka token. Sementara pelaksanaan ANBK adalah semi online dilakukan apabila computer client tidak memiliki akses secara langsung.

Ada tiga instrumen penilaian dari ANBK sebagai bagian dari evalusi pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, yaitu:

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid,
  2. Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid,
  3. Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Guna melancarkan kegiatan ANBK, maka instrumen penilaian ANBK harus dipahami betul. Berikut penjelasan instrumen penilaian ANBK mengutip laman resmi ANBK Kemdikbud https://anbk.kemdikbud.go.id/:

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Instrumen penilaian ANBK adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AMK). AKM akan diikuti oleh peserta didik yang tujuan utamanya untuk mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif.

Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Sedangkan Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

  1. Survei Karakter

Instrumen penilaian ANBK adalah melakukan survei karakter. Survei karakter sebagai instrumen penilaian ANBK adalah akan diikuti oleh peserta didik dan guru untuk mengukur sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai (values) sebagai hasil belajar nonkognitif.

  1. Survei Lingkungan Belajar

Instrumen penilaian ANBK adalah melakukan survei lingkungan belajar. Pelaksanaan survei ini, akan diikuti oleh kepala satuan pendidikan guna mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjelaskan soal yang akan diujikan dalam ANBK adalah berupa pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan berupa uraian.

Alhamdulillah SMKN 2 Setu mampu menyelesaikan kegiatan ini dengan lancar dan semoga ANBK selanjutnya juga tetap berjalan dengan lancar…. Terimakasih doanya akang dan teteh…….

TINGGALKAN KOMENTAR

Data Sekolah

SMKN 2 Setu

NPSN : 69975633

Jl. MT Haryono No. 9
KEC. Setu
KAB. Bekasi
PROV. Jawa Barat
KODE POS 17320
TELEPON 0813800387773
FAX 0723-1234567
EMAIL sosmed.smkn2setu@gmail.com

Agenda