SEKILAS INFO
: - Minggu, 22-12-2024
  • 5 bulan yang lalu / Selamat Datang di web resmi SMK Negeri 2 Setu – INGAT “5 KATA AJAIB” SALAM, TERIMA KASIH, MAAF, TOLONG, PERMISI.
Syarat dan Alur Pendaftaran PPDB Tahap 1

Hallo Semua, Mimin mau kasih info tentang alur pendaftaran dan syarat-syarat seperti dokumen yang harus dipersiapkan bagi calon peserta didik. Mau tau seperti apa penjelasannya, Yuk simak info dari mimin berikut ini…

Nah untuk berkas pendaftaran yang harus disiapkan kita bagi kedalam dua kategori sebagai berikut :

Dokumen Umum

Dokumen umum berisi tentang persyaratan yang harus dibawa atau disiapkan oleh calon peserta didik tanpa terkecuali. Dimana syarat-syaratnya adalah sebagai berikut :

  • Ijazah/Surat Keterangan Lulus/Kartu peserta Ujian Sekolah ( ijazah dapat diserahkan setelah terbit/tgl 16-17 Juni)

Untuk persyaratan ini sebeneranya diharuskan mempersiapkan ijazah asli tetapi karena pada saat awal pendaftaran kemungkinan ijazah masih belum diberikan maka dapat digantikan oleh berkas lain yaitu SKL atau Surat Keterangan Lulus ataupun Kartu Peserta Ujian Sekolah, jadi jangan khawatir jika ijazah belum didapatkan.

  • Akta Kelahiran /Surat Keterangan Lahir
  • Kartu Keluarga (minimal satu tahun), KTP

Nah syarat yang ini perlu diperhatikan ya, jadi kartu keluarga dan KTP harus benar-benar dipersiapkan, karena dipergunakan untuk menunjukan identitas diri dan keluarga. KK yang belum satu tahun/ penerbitan KK baru karena perubahan anggota keluarga (meninggal dunia, kelahiran , kepindahan anggota keluarga), dapat melampirkan surat keterangan dari RT/RW/kelurahan yang menerangkan lamanya berdomisili. Jika menumpang alamat (calon peserta didik tidak berdomisili dengan orang tua) , wajib dilengkapi surat pernyataan tdk keberatan dari pemilik rumah

  • Buku Rapor (semester 1 s.d. 5)
  • Surat Tanggung Jawab Mutlak Orang Tua

 

Dokumen Khusus

Dokumen khusus ini dipersiapkan jika calon peserta didik mendaftar melalui jalur khusus seperti afirmasi, prestasi dan perpindahan tugas orang tua/wali/anak guru, maka dokumen tersebut harus disiapkan. Rincian nya adalah sebagai berikut :

  • Kartu Program Penanganan Kemiskinan/ Terdaftar pada DTKS Dinsos (bagi jalur afirmasi/KETM)

Yang pertama adalah bagi calon peserta didik yang mendaftar melalui jalur afirmasi KETM (Keluarga Ekinomi Tidak Mampu). Bagi calon peserta didik baru yang melalui jalur ini, syaratnya adalah sebagai berikut, Kartu program penanggulangan kemiskinan dari Pemerintah Pusat meliputi : Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Beras Sejahtera (KBS), Kartu Sembako Murah (KSM), atau; Terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) pada Perangkat Daerah yang melaksanakan urusan pemerintahan bidang social, atau; Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan (untuk ditindaklanjuti dengan visitasi dari panitia PPDB satuan Pendidikan tujuan), dan Surat Berita Acara hasil musyawarah Kelurahan tentang warga yang layak masuk DTKS.

  • Surat Keterangan Domisili dari RT/RW (bagi afirmasi korban bencana alam/sosial)
  • Surat Tugas Orang Tua (bagi jalur perpindahan tugas orang tua/wali , maks.3 tahun/ anak guru) dan bagi afirmasi kondisi tertentu penanganan Covid19
  • Piagam dan Dokumentasi Prestasi (untuk jalur prestasi Kejuaraan) maks.5 tahun, min. 6 bulan

Nah itu adalah dokumen yang perlu disiapkan oleh calon peserta didik, yuk dipersiapkan dari sekarang dan mimin berpesan supaya bijak dalam memilih jalur yang sesuai dengan kondisi dan keadaannya yaaaa….

Selanjutnya mimin mau informasi terkait alur yang harus dilalui calon peserta didik, yuk simak penjelasan berikut ini…

 

Upload dokumen khusus dan nilai rapot

Sebelum memulai mendaftarkan diri, bagi calon peserta didik pada tanggal 23-27 Mei 2022 mengupload dokumen khusus,

Prestasi Kejuaraan : Piagam & FotoAfirmasi

Perpindahan Orangtua/anak Guru : Surat Tugas

Afirmasi Kondisi Tertentu : Surat Tugas / Suket korban Bencana

bagi mereka yang akan mendaftar melalui jalur khusus serta bagi semua calon peserta didik juga diwajibkan mengupload dokumen yang berisi nilai rapot semester 1 sampai dengan 5. Penguploadan dapat dilakukan secara mandiri daring maupun luring di sekolah asal maupun sekolah yang dituju.


Pendaftaran dan verifikasi PPDB tahap 1

Tahap selanjutnya adalah masuk ke pendaftaran dan verifikasi PPDB tahap 1 yang akan dilaksanakan dimulai tanggal 6-10 Juni 2022. Sesuai dengan juknis pendaftaran untuk PPDB tahap 1 jalur yang dibuka adalah jalur afirmasi, prioritas terdekat, perpindahan tugas, prestasi kejuaraan dan persiapan kelas industri. Untuk tahap ini calon pendaftar dapat melakukan pendaftaran melalui mandiri daring : http://pendaftar.ppdb.disdik.jabarprov.go.id atau mandiri luring : ke sekolah yang dituju. Jangan lupa membawa berkas yang tadi dijelaskan ya

Finalisasi verifikasi data siswa

Tahap finalisasi verifikasi data siswa dilaksanakan pada tanggal 13-15 Juni 2022. Pada tahap ini bagi calon peserta didik yang melalui jalur afirmasi KETM akan dipetakan dan selanjutnya bagi seluruh calon peserta didik akan mengikuti uji kompetensi atau tes minat bakat yang akan dikoordinir oleh panitia PPDB sekolah yang dituju

Rapat dewan guru untuk penetapan dan Koordinasi SATDIK dan CADISDIK

Setelah data semua calon peserta didik masuk selanjutnya dilakukan rapat penetapan oleh dewan guru untuk melihat peserta didik yang benar-benar sesuai dengan kriteria. Selanjutnya hasil dari rapat tersebut akan langsung dikoordinasikan kepada SATDIK (Satuan Pendidikan) dan CADISDIK (Cabang Dinas Pendidikan) pada tanggal 16-17 Juni 2022

Pengumuman

Setelah dilakukan rapat dan koordinasi melalui berbagai macam pertimbangan, maka pada tanggal 20 Juni 2022 diumumkan hasil seleksi PPDB Tahap 1. Pengumuman tersebut dapat dilihat di sekolah tujuan maupun di website PPDB tempat sekolah mendaftar

Daftar ulang

Tahap terakhir adalah melakukan daftar ulang oleh orang tua siswa kesekolah yang dituju pada tanggal 21-22 Juni 2022. Bagi calon peserta didik yang belum berhasil atau lolos di Tahap 1, jangan khawatir. Karena akan dilakukan kembali PPDB Tahap 2.

 

Nah demikian penjelasan mimin mengenai syarat dokumen dan alur pendaftaran PPDB tahap 1, tolong dilihat tanggalnya dan jangan sampai terlewat. Jika ada pertanyaan lebih lanjut dapat berkomunikasi dengan SMK Negeri 2 Setu melalui fitur livechat atau langsung ke sekolah kami untuk selanjutnya akan kami bantu jika masih terdapat penjelasan yang kurang.

Tetap semangat dan salam sehat untuk kita semua

#sukseskanppdb2022

TINGGALKAN KOMENTAR

Data Sekolah

SMKN 2 Setu

NPSN : 69975633

Jl. MT Haryono No. 9
KEC. Setu
KAB. Bekasi
PROV. Jawa Barat
KODE POS 17320
TELEPON 0813800387773
FAX 0723-1234567
EMAIL sosmed.smkn2setu@gmail.com

Agenda